00.24.00

Kisah Misterius lokomotif CC 201 45 Dipo Induk Yk


    Lokomotif CC 201 45 adalah salah satu lokomotif diesel dari kelas CC201 yang beroperasi untuk menarik rangkaian kereta di Indonesia.Lokomotif ini dibuat oleh perusahaan General Electric pada thn 80-an.
Sudah banyak cerita yg beredar di sekitar CC201,maklum saja karena selain jumlahnya banyak juga hampir semua masinis di Indonesia pernah bertugas di dalamnya.Tapi tidak sepopuler kisah tentang CC201 45.Konon,menurut para masinis dan teknisi, inilah lokomotif paling misterius di antara keluarga CC201.Banyak kejadian aneh dan membingungkan berkembang di sekitar loko ini.
Sejak pertama kali dibeli CC201 45 sudah sering dicap sebagai lokomotif yg sangat bermasalah. Maksudnya adalah, walaupun hasil tes menunjukkan tidak ada problem pada loko ini, namun sering mengalami kecelakaan / kerusakan tanpa bisa dijelaskan. CC 201 45 semula ditugaskan untuk menarik rangkaian KA. BIMA,saat menarik BIMA tiba-tiba mengalami tabrakan. Setelah diperbaiki, kembali lagi bertugas menarik BIMA, tapi kembali lagi mengalami tabrakan. Diperbaiki di Balai Yasa Pengok Yogyakarta, dan setelah selesai jabatannya di turunkan untuk menarik Ka JAYABAYA. Tetapi kembali lagi mengalami tabrakan. Frekuensi tabrakan sesama kereta / kendaraan bermotor yg dialami CC201 45 rupanya cukup sering, belum lagi kejadian aneh yg dialami para teknisi yg memperbaiki lok ini pasca tabrakan.
Sesuai prosedur, setelah diperbaiki di Balai Yasa Pengok, CC201 45 diuji statis untuk memeriksa kelengkapannya. Setelah semuanya beres, loko ini diuji dinamis di jalur tes di depan komplek Balai Yasa. Saat dipacu dengan kecepatan tinggi, mendadak rem gagal berfungsi, sehingga loko melaju terus dan menghantam dinding beton pembatas jalur tes. Sekali lagi CC201 45 mengalami kerusakan dan harus diperbaiki.
Merasa kebingungan dengan loko ini, teknisi Balai Yasa merasa perlu untuk memanggil tenaga ahli GE(General Electric) langsung dari Amerika. Saat sedang memeriksa CC201 45, tenaga ahli GE itu bercerita bahwa saat proses pembuatan loko yg satu ini memang sudah bermasalah karena banyak sekali kecelakaan kerja. Akhirnya diputuskan selain diperbaiki secara material, CC201 45 juga diperbaiki secara spiritual. Sesuai adat orang Jawa, para teknisi sepakat meruwat(membuang sial) loko ini. Caranya dengan mengadakan selamatan dan memasang sepasang tapal kuda bekas di kedua ujung bamper CC201 45. kemudian memberikan beberapa gram emas dan menyepuh bagian samping bawah lok dengan lapisan krom sehingga terlihat mengkilat.
Anehnya setelah ritual ini, CC201 45 tidak pernah lagi mengalami kecelakaan. Sekarang CC201 45 ditempatkan di Dipo Lokomotif Yogyakarta, dan dengan mudah dikenali lewat ciri khasnya sebagai loko yg dengan sisi yg dilapisi besi mengkilat.

0 komentar:

Posting Komentar

MonozCore train-set
MonozCore train-set
MonozCore train-set
MonozCore train-set