Dari 23 koleksi lokomotif CC201, ternyata ada 1 unit yang memiliki keunikan. Para railfans menyebutnya Loko Donal Bebek karena matanya (kaca kabin) ukurannya lebih besar.
Secara teknis dan kemampuan, CC201 ini sama seperti loko lainnya. Hanya saja dilihat dari kaca kabin depan, mukanya terlihat berbeda. Ukuran kacanya pun sedikit memanjang kebawah dan terpasang potrait (tegak), bukan landscape (memanjang) seperti CC201 lainnya. Karena itu, loko buatan General Electrik USA generasi kedua ini ada yang menamainya dengan tokoh kartun donal bebek.
Bentuk wajah CC20156 ini sebenarnya ada kembarannya yaitu CC20176 milik Dipo Jatinegara.
Satu Meja Layanan
Keunikan lain dari CC20156 selain mukanya yang terlihat lucu, juga fasilitas meja layanannya. CC201 yang lazimnya memiliki dua meja layanan, namun pada CC20156 hanya ada satu meja layanan saja. Pada posisi hidung pendek (shorthood) di depan, posisi meja layanan berada disebelah kiri alias kidal. Dengan satu meja layanan ini, ruang kabin masinis menjadi lebih luas.
Penyebab CC20156 ini hanya memiliki satu meja layanan, berawal dari PLH (Peristiwa Luar biasa Hebat) yang menimpanya beberapa tahun silam. Akibat bertabrakan dengan Stoomwals (alat berat pengeras jalan) di perlintasan wilayah Tegal, muka CC20156 ringsek pada bagian kabin dan meja layanannya. Setelah diopname di Balai Yasa Pengok Yogyakarta, dengan terpaksa satu meja layanannya harus diamputasi. Demikian juga dengan terpaksa satu meja layanannya harus diamputasi. Demikian juga dengan sand box (kotak pasir) atau shorthood yang terpaksa dipotong sehingga tampak lebih rendah. Sekarang lokomotif ini sudah tidak ada lagi alias normal seperti sedia kala.
#maaf kalo gambarnya tidak ada,, maklum masih newbie
SELAMAT DATANG DI BLOG YANG SEDERHANA INI
Footer Widget 1
Footer Widget 3
Footer Widget 2
Diberdayakan oleh Blogger.
Postingan Populer
-
Mungkin tak terlalu banyak penumpang kereta api pada umumnya yang mengetahui bagaimana jika dalam suatu perjalanannya kereta api yan...
-
Lokomotif CC 201 adalah lokomotif buatan General Electric jenis U18C. Dibanding lokomotif tipe sebelumnya yaitu CC 200 , maka tipe CC201...
-
Lokomotif CC204 adalah sejenis lokomotif yang dirakit khusus di Indonesia , yaitu hasil kerja sama antara PT General Electric Lokomotif In...
-
Lokomotif CC205 adalah lokomotif terbaru PT Kereta Api (Persero) buatan General Motors , Ontario , Kanada . Lokomotif CC205 adalah lokomo...
-
Kalo Modsnya ada Di marih nih Cheatnya LXGIWYL = Senjata Paket 1 PROFESSIONALSKIT = Senjata paket 2 UZUMYMW = Senjata paket 3 HE...
-
PLH BINTARO adalah peristiwa tabrakan hebat 2 buah Kereta Api di daerah Pondok Betung, Bintaro,Tangerang Pada tgl 19 Oktober 1987 yg meru...
-
Lokomotif CC203 buatan General Electric dengan seri U20C merupakan pengembangan desain dari [lokomotif]] CC201 , yaitu pada bentuk kabin ...
-
Pemerintah telah menandatangani perjanjian dengan pemenang tender penyelesaian paket B1 Bekasi-Cikarang yang meliputi pembangunan Railway ...
-
Selamat Datang di Blog saya (Alfi Izzur Railfans) Disini saya akan berbagi informasi juga artikel tentang Kereta Api. Selamat menjelajah ...
Arsip Blog
-
▼
2011
(13)
-
▼
Desember
(13)
- kereta NR, sang penolong
- Lokomotif BB 304
- Lokomotif CC 205 yang terbaru, terkuat, dan tercan...
- Lokomotif CC 204
- Lokomotif CC 202
- Lokomotif CC 203
- Lokomotif CC 201
- Lokomotif
- <!--[if !mso]> v\:* {behavior:url(#default#VML);}...
- PLH (Peristiwa Luar biasa Hebat) Bintaro
- Kisah Misterius lokomotif CC 201 45 Dipo Induk Yk
- Lokomotif unik CC 201 56 yang sekarang sudah norma...
- SELAMAT DATANG
-
▼
Desember
(13)
Mengenai Saya
Pengikut
Recent Posts
follow
Download
Blogger Tricks
Blogger Themes
00.16.00
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar